. Media Tulis: Dampak Penggunaan HP Berjaringan GPRS bagi Siswa yang ada di Pedesaan

Sabtu

Dampak Penggunaan HP Berjaringan GPRS bagi Siswa yang ada di Pedesaan

Kata-kata internet sekarang bukanlah suatu kata yang jarang didengar malahan sangat dekat sekali gaungnya di telinga kita di lingkungan sekolah ataupun masyarakat awam sekalipun. Mewabahnya perangkat keras berupa Handpohone dengan fasilitas GPRS yang mampu melakukan koneksi terhadap jaringan dunia maya, membuat orang betah berlama-lama menggenggam yang namanya HP.  Ditambah dengan iming-iming operator seluler yang menyediakan biaya murah internetan membuat penggemar internet lebih betah lagi.
Keadaan ini tentu juga akan berimbas bagi siswa/i baik yang berada di perkotaan maupun di Pedesaan, dengan bermodalkan Hp bermerk tertentu mereka secara diam-diam mengakses situs tertentu, apalagi yang berhubungan situs jejaringan sosial.
Masuknya kemajuan teknologi tidak bisa dielakan lagi sehingga membawa dampak baik dan buruk terhadap perkembangan siswa itu sendiri. Ada beberapa dampak positif dan negatif  bagi siswa sesuai dengan obeservasi keseharian :
Dampak positif :
  1. Bertambahnya pengetahuan siswa tentang dunia maya
  2. Siswa dengan cepat mendapatkan info saat diberikan tugas
  3. Siswa mampu memberikan pendapat tentang materi yang akan diajarkan
Dampak Negatif
  1. Siswa tidak mampu mengontrol waktu saat mengakses situs favoritnya
  2. Adanya aturan siswa tidak boleh membawa hp ke Sekolah selalu di langgar
  3. Rawannya situs dewasa akan diakses siswa, ini akan mempengaruhi perkembangan siswa.
  4. Kosentrasi belajar siswa  terbagi
Banyak lagi dampak positif dan negatif bagi siswa saat menggunakan hp berjaringan GPRS.  Melihat hal ini peranan guru di sekolah sangatlah penting baik dalam menegakan kedisiplinan aturan sekolah serta memberikan pengertian-pengertian tentang penggunaan perangkat berjaringan GPRS ini. Sehingga siswa nantinya akan mampu memilah-milah info apa yang perlu di akses saja.